WONOSOBO – Unit Bantu Pertolongan PramuKa ( UBALOKA ) Kwarcab Wonosobo mengutus anggota UBALOKA Kwarcab wonosobo untuk mengikuti kegiatan pelatihan water rescue dan simulasi water rescue yang diadakan oleh BPBD Provinsi Jawa Tengah, bertempat di Kwartir Cabang Kendal tepatnya di Pelabuhan Penyeberangan Kendal. Kegiatan tersebut diselenggarakan dari tanggal 9 – 10 Januari 2020 diikuti oleh 105 anggota Pramuka se-Jawa Tengah yang terdiri dari unsur Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA), Pramuka Peduli dan Penegak utusan Gugus Depan.

Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah kak Dikki, Sekretaris BPBD Provinsi Jawa Tengah. Dalam amanatnya kak Dikki berpesan bahwa latihan ini bertujuan agar anggota Pramuka selalu siap sedia jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk membantu tugas BPBD, BASARNAS ataupun masyarakat yang membutuhkan, sehingga diharapkan serius dan bersungguh-sungguh selama latihan berlangsung.

Selain itu, Pramuka sekarang sudah dikenal oleh masyarkat atas peranya dalam berbagai bidang, sehingga ilmu yang didapat dalam pelatihan ini bisa ditempatkan sebagai bagian dari pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma dan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

“Ilmu yang didapat bisa menjadi modal dalam pengabdian kepada masyarakat,” imbuhnya.

Kak Triantoro selaku andalan cabang bidang humas dan abdimas Kwarcab Wonosobo berpesan kepada anggota Ubaloka yang mengikuti pelatihan untuk sungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan pelatihan water rescue, dapatkan ilmu dan pengalamanya kemudian setelah pulang tularkan kepada anggota ubaloka yang lain. Kondisi geografis Wonosobo membutuhkan anggota Ubaloka yang mempunyai kualifikasi dan keterampilan di bidang water rescue. Jaga diri dan jaga kesehatan selama mengikuti kegiatan, ikuti semua kegiatan, disiplin dan jaga nama baik Kwarcab Wonosobo.

“Jaga diri, jaga kesehatan serta jaga nama baik Kwarcab Wonosobo selama mengikuti palatihan,” pesannya saat melepas kepergian anggota Ubaloka.

Bertindak sebagai instruktur utama dalam pelatihan ini adalah kakak-kakak dari Basarnas Kantor SAR Semarang yang didukung dari Penerbad, Polairud, KSOP dan BPBD. Materi dibagi menjadi dua, yakni materi teori dan materi praktik, Materi kegiatan terdiri dari materi penyelamatan air, teknik water rescue, simulasi water rescue dan teknik penyelamatan.

Hesti Noviana Selaku Ketua DKC Kwarcab Wonoosbo, mengungkapkan bahwa anggota ubaloka yang dikirim ke pelatihan tersebut sudad dilakukan proses seleksi sebelumnya. Kwarcab Wonosobo kemudian mengirimkan 2 orang untuk mengikuti pelatihan tersebut. “Anggota Ubaloka Kwarcab Wonosobo yang mengikuti kegiatan ini adalah Kakak Hudan Adha Laksmada dan Dhika Ari Winarno, yang telah diseleksi sebelumnya. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bersifat partisipatif dari Dewan Kerja Cabang Kwarcab Wonosobo,” ungkap Kak Hesti Noviana.