WONOSOBO – Sebagai upaya promosi dan pemberdayaan masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wonosobo menggelar kegiatan curhat kepramukaan Saka Bakti Husada (SBH) ynag dilaksankan di sanggar bakti Saka Bakti Husada jalan Ahmad Yani Wonosobo pada Sabtu  (15/2), Kegiatan ini diikuti oleh instruktur, pamong dan anggota SBH dari Pangkalan SBH kwarcab Wonosobo dan kwaran Mojotengah dan SBH kwaran Wadaslintang.

“Selama kegiatan, mereka mendapatkan materi pola pembinaan penegak dan pandega untuk saka dari Kwarcab Gerakan Pramuka Wonosobo, panduan penyelenggaraan Satuan Karya Bakti Husada dan cara menempuh SKK SBH dari Tim Pimpinan Satuan Karya Cabang, dan obat tradisional dari intruktur SBH Cabang,” ungkap kak Ika Wijayanti selaku Pamomg Saka Bakti Husada.

“Selain itu, para anggota Saka Bakti Husada juga bercerita tentang kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan, kalau bisa dibilang ini curhat gaya Pramuka Saka Bakti Husada,” jelasnya.

Sementara itu kak Ghovinda yang juga pamong saka SBH mengatakan, kegatan tersebut penting dan menjadi ajang saling curhat kebahagiaan tentang kepramukaan, khususnya Saka Bakti Husada.

“Anggota Pramuka penegak dan pandega melalui Satuan Karya Pramuka Bakti Husada sebagai kader bangsa dan kader pembaru di bidang kesehatan sangat perlu mendapat pendidikan dan pembinaan guna menyalurkan minat, bakat, keterampilan dan pengalamannya. Serta menjadi agen perubahan dalam bidang kesehatan,” ungkap kak Ghovinda.

Kak Govinda menjelaskan di Kabupaten Wonosobo pada tahun 2020 ini terbentuk di 2 pangkalan SBH di Puskesmas Mojotengah dan Puskesmas Wadaslintang, sampai bulan ini jumlah anggota saka SBH di pangkalan kwarran dan kwarcab berjumlah 50 anggota.

“Ikut menjadi anggota SBH itu menarik dan asyik, coba kak betapa ngga asyik, kita bisa berpetualang sekaligus dapat ilmu dan dipraktikan, misalnya kemarin kita laksanakan praktik menjernihkan air, kegiatan ini dilakukan oleh SBH Kwarcab Wonosobo di desa Pakuncen, asyik pokoknya, bisa main air dan tahu proses penjernihan air, bisa sambil ngobrol, berpetualang dan dapat ilmu tentunya,” terang kak Zomrutus Sholehah Ka Saka SBH Kwarcab Wonosobo.

“Di kwarran Mojotengah, kemarin telah dilaksanakan pembinaan SBH dan antusiasnya sangat tinggi. Apalagi yang di kwarran Wadaslintang, kegiatannya mengasyikan, kemarin melaksanakan penyemportan nyamuk demam berdarah dan pembersihan jentik-jentiknya, ini dilakukan langsung bersama masyarakat,” pungkas kak Zomrutus Sholehah.