WONOSOBO- Kwarcab Wonosobo memberikan donasi bantuan kemanusiaan untuk penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Wonosobo, Senin (13/03). Bantuan yang diberikan berupa Alat Pelindung Diri (APD), handsanitizer, sabun cuci tangan hingga makanan/minuman ke sejumlah Rumah Sakit dan Puskesmas di Wonosobo.

Andalan Pramuka Bidang Abdimas Kwarcab Wonosobo, Mahendra Christiawan mengatakan bahwa seluruh bantuan tersebut berasal dari donasi para andalan Kwarcab dan Kwarran serta Gudep di Kabupaten Wonosobo. Pengumpulan donasi berlangsung selama satu minggu.

“Donasi disalurkan secara bertahap dengan fokus utama diberikan kepada rumah sakit di Wonosobo,” ujarnya, Selasa (14/03). 

Waka Bina Muda Kwarcab Wonosobo, Sri Widyastuti mengatakan, penyaluran donasi dilakukan dalam beberapa tahap. Hal itu dikarenakan sulitnya mendapatkan barang yang dibutuhkan oleh rumah sakit.

“Misal mencari APD, itu sulit karena tidak semua ada, jadi penyaluran dibagi menjadi empat tahap,” ujarnya.

Sri mengatakan, pihaknya tidak menyangka penggalangan donasi yang digagas secara mendadak tersebut mendapat sambutan luar biasa dari anggota pramuka, baik di tingkat Gudep, Kwarran hingga Kwarcab. Total donasi yang berhasil dikumpulkan Kwarcab Wonosobo untuk penanggulangan Covid-19 di Wonosobo sebesar Rp 20.910.000.

“Target awal hanya menyasar ke rumah sakit, tapi alhamdulillah dana yang terkumpul melebihi target sehingga bisa memberikan ke beberapa puskesmas juga,” ujarnya.

Sri berharap, hal kecil yang dilakukan Pramuka Wonosobo, dapat membantu meringankan beban pemerintah dan tenaga kesehatan dalam upaya menanggulangi penyebaran Covid-19. Ke depan, pihaknya merencanakan untuk melakukan kampanye pencegahan Covid-19 melalui media sosial.

“Kami Pramuka Wonosobo meyakini bahwa setitik bakti lebih bermakna dari sejuta kata,” pungkas Sri.