Wonosobo – Sebanyak 60 paket sembako dibagikan oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Wonosobo lewat kegaitan bertema posko lebaran peduli covid 19, Kamis (21/05) 2020. Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin Pramuka Peduli Kwarcab Wonosobo, paket sembako ini akan diberikan kepada warga yang terdampak Covid-19 di kabupaten Wonosobo. 

Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC), kak Noviana Hesti yang merupakan anggota pramuka peduli kwarcab wonosobo  mengatakan, pada penggalangan dana kali ini, Kwarcab Wonosobo berhasil mengumpulkan donasi uang sebesar Rp 6 juta, beras 85 kg, gula pasir 8 kg, minyak goreng 4 liter, dan mie instan 1 dus. Guna menghindari munculnya kerumunan, pembagian sembako dilakukan secara langsung atau door to door ke rumah warga.

“Pembagian langsung dilakukan oleh anggota DKC Wonosobo,” ujar Kak Hesti.

Sementara itu Waka Binamuda Kwarcab Wonosobo, Kak Sri Widyastuti mengatakan bahwa bantuan paket sembako ini merupakan hasil sumbangan dari para pengurus dan masyarakat umum yang secara sukarela menyisihkan sebagian rezekinya, demi membantu warga yang tengah kesulitan akibat pandemi Covid-19. Kak Sri menambahkan, Kwarcab Wonosobo sudah dua kali melakukan penggalangan dana, dimana donasi tahap satu fokus membantu tenaga medis di Wonosobo.

Kak Sri menceritakan, Kwarcab Wonosobo sudah merencanakan pembagian paket sembako sebelum pandemi Covid-19 muncul. Awalnya, pembagian sembako direncanakan sebagai salah satu program Pramuka Peduli Lebaran yang setiap tahun rutin diselenggarakan.

Kak Sri berharap, hal kecil yang dilakukan Pramuka Wonosobo, dapat membantu meringankan beban pemerintah dan tenaga kesehatan dalam upaya menanggulangi penyebaran Covid-19. Ke depan, pihaknya merencanakan untuk melakukan kampanye pencegahan Covid-19 melalui media sosial.

“Kami Pramuka Wonosobo meyakini bahwa setitik bakti lebih bermakna dari sejuta kata,” pungkas kak Sri.

Sementara itu kak Mahendra CH  kordinator pramuka penduli wonosobo mengatakan bahwa kegiatan posko lebaran tahun ini berbeda, jika tahun tahun sebelumnya dilakukan di lapangan bersama dengan aparat terkait seperti TNI, POLRI dan relawan yang lain maka pada tahun ini posko lebaran dilakukan di Kwarcab Wonosobo.

“Kita agenda tetap tidak berubah hanya kegiatan yang nyata bertambah seperti pembagian paket sembako, edukasi Covid-19 dan kegaitan pencegahan Covid-19,“ pungkasnya.