WONOSOBO- Kwarcab Wonosobo melantik 173 Pramuka Garuda dari tingkat Siaga hingga Pandega pada Selasa (15/12). Pelantikan tersebut dilakukan secara langsung dan daring oleh Kak Sri Widyastuti di Sanggar Bakti Kwarcab Wonosobo.

Kak Sri mengatakan, pramuka garuda adalah anggota pramuka yang telah mencapai kecakapan dan penghargaan tertinggi di masing-masing jenjang pendidikan kepramukaan. Guna memperoleh predikat Pramuka Garuda, masing-masing anggota Pramuka harus melalui sejumlah proses yang sudah diatur dalam kepramukaan.

“Masing-masing anggota pramuka mengajukan berkas, kemudian diseleksi oleh juri yang sudah ditunjuk Kwarcab,” ujarnya. Kak Sri mengatakan, meskipun dilakukan di tengah pandemi Covid-19, tidak menyurutkan semangat para anggota Pramuka untuk mengikuti seleksi Pramuka Garuda. Hal tersebut terlihat dari ratusan berkas yang masuk sejak awal diumumkan adanya seleksi Pramuka Garuda. Seleksi berlangsung sejak awal Desember.

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Indonesia, membuat pihak Kwarcab Wonosobo menyelenggarakan kegiatan sesuai protokol kesehatan agar aman dan tidak menimbulkan keresahan warga. “Pengumpulan berkas dilakukan di masing-masing Kwarran untuk menghindari terjadinya kerumunan,” ujarnya.

Selain itu, pelantikan Pramuka Garuda juga dilakukan secara daring, dari rumah atau gugus depan masing-masing anggota pramuka. Hal itu dilakukan mengingat jumlah kasus pasien positif Covid-19 di Wonosobo terus meningkat.

Kak Sri berharap, predikat Pramuka Garuda yang sudah diraih bisa memicu semangat para anggota Pramuka di tengah masa pandemi untuk lebih berprestasi dan berbuat baik kepada siapapun. “Semoga bisa dicontoh oleh anggota pramuka yang lain,” ujarnya.