WONOSOBO – Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Wonosobo dilantik oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah secara daring dan luring di Pendopo Bupati Wonosobo, Kamis (09/09/2021).

Bupati Wonosobo serta ketua DPRD beserta jajarannya dilantik oleh Ketua Kwarda Jawa Tengah, Kak Siti Atikoh Suprianti, STP, MT, MPP. secara virtual, sebagai pengurus Majelis pembimbing Kwartir Cabang Wonosobo periode 2021-2026.

Dalam sambutanya Kak Siti Atikoh Suprianti, STP, MT, MPP. berpesan untuk mendampingi kwartir cabang, kwartir ranting, gugus depan dan satuan karya dalam kegiatan pramuka di wilayah kerjanya.

Dalam pelantikan secara virtual tersebut turut dilantik juga Mabicab dari kwarcab lain, yaitu  Sukoharjo dan Tegal. Setelah prosesi pelantikan Mabicab dilanjutkan dengan pelantikan Pengurus  Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Wonosobo oleh Bupati Wonosobo sebagai Ketua Mabicab yang baru. Dua agenda tersebut dilaksanakan berurutan dalam satu waktu dan satu tempat di kompleks Pendopo Bupati Wonosobo.

Sementara itu Ketua Mabicab Wonosobo, Kak Afif Nur Hidayat mengucapkan banyak terima kasih kepada Ka Kwarcab Wonosobo sebelumnya yakni Kak Agus Subagiyo dan seluruh pengurus sebelumnya.

Dalam masa pandemi ini, prosesi pelantikan pengurus mabicab dan kwarcab menggunkan metode baru, pelaksanaan pelantikan menggunakan metode daring dan luring. Namun, hal tersebut tak mengurangi sakralnya acara serta kemeriahan acara tersebut.

Upacara pelantikan yang dilaksanakan di halaman Pendopo Bupati Wonosobo menjadi momen yang luar biasa, rintik hujan yang menemani pelantikan menjadikan semakin syahdunya acara tersebut.

“ Pada kesempatan yang baik ini, saya mengharapkan kepada seluruh Kwartir Cabang Wonosobo masa bhakti 2021- 2026 yang dilantik, untuk dapat mengemban amanah dengan suka rela dan ikhlas sehingga dapat melaksanakan tugas mulia ini dengan senang hati. Diawali dengan bersama-sama membentuk dan menghidupkan, serta meningkatkan kualitas Gugus Depan dan Kwartir Ranting sebagai wahana pendidikan karakter bangsa,” ujar Kak Muhamad Albar, dalam sambutan perdananya sebagai Ka Kwarcab yang baru.

Disamping itu, ia juga berharap peran dari seluruh Pengurus MABIRAN dan KWARAN untuk bersama-sama berjuang dengan gigih, dengan kekompakan, dengan kepemimpinan, kerja keras dan tekad menggelorakan Tri Satya dan Dasa Darma, termasuk juga ikut berperan aktif dalam penaganan Covid-19 serta menjadi duta perubahan perilaku.

“ Mari kita niati bersama, kegiatan Pramuka ini dengan niat beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Akhirnya saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Pengurus Gerakan Kwartir Cabang Wonosobo yang memasuki masa purna bakti, atas dedikasi dan pengabdiannya yang tanpa henti untuk membina generasi muda bangsa melalui Gerakan Pramuka,” pungkasnya.

Dalam rangkaian kegiatan ini bukan hanya pelantikan Mabicab dan Pengurus Kwarcab Wonosobo, tetapi juga diikut dan dilantik juga Pengurus Saka milenial dan Dewan Kerja Cabang Kwarcab Wonosobo.