Wonosobo – Kwartir cabang Wonosobo selenggarakan Kursus Mahir Dasar ( KMD ) yang diikuti oleh pembina pramuka sianga hingga penegak di Kwarcab wonosobo, kegiatan ini berlangsung selama 4 hari yakni 23 – 27 november 2021 yang bertempat di GOR Desa Menjer Garung, Selasa (23/11).

Perkembangan Gerakan Pramuka dari masa kemasa selalu mengalami perubahan yang sangat signifikan. Anggota Gerakan Pramuka pun tersebar di segala penjuru negeri, ini adalah sebuah fenomena yang menggembirakan. Di mana berarti banyak generasi muda yang aktif dalam kegiatan positif. Demikian disampaikan Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Wonosobo, kak Drs. Muhammad Albar, MM, saat membuka Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar Kwartir Cabang Wonosobo di Kwartir Ranting Garung Tahun 2021.

Ka. Kwarcab juga menyampaikan bahwa untuk menyikapi perkembangan dan perubahan yang ada, perlu diimbangi oleh peningkatan kualitas dan kapasitas para Pembina Pramuka yang dilakukan secara berkala. “Rasulullah SAW dalam Haditsnya telah bersabda, bahwa kaum muslimin diwajibkan untuk mencari ilmu sebagai wahana pengembangan diri dan sebagai bekal untuk menjelajahi kehidupan di masa yang akan datang. Oleh karena itu sangatlah penting bagi regenerasi bangsa untuk mencari ilmu sebagai wahana pengembangan diri,” ungkap Kak Albar.

Dimasa sekarang dengan kondisi pandemi Covid 19, Pramuka harus bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan di setiap kegiatan yang dilakukan. “Pramuka harus bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan di era pandemi sekarang ini. Melalui unit unit yang ada di Gerakan Pramuka, diharapkan pramuka bisa hadir di tengah masyarakat, baik secara sisi sosial, kebencanaan, kepedulian, maupun perilaku di kehidupan sehari hari,” jelas Ka. Kwarcab.

“dan kepada pembina pembina pramuka, jadilah contoh bagi generasi pramuka secara berkelanjutan. Tularkanlah ilmu dan didiklah pramuka pramuka pemula agar menjadi generasi yang lebih bermanfaat dan generasi yang positif,” pungkas kak Muhammad Albar.

Sementara pada kesempatan itu, kak Sri Sugiarti, selaku penyelenggara kegiatan juga menyampaikan bahwa kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) Kwarcab Wonosobo di Kwarran Garung ini dilaksanakan di SD N Menjer dan sekitarnya pada tanggal 23 sampai 27 November 2021. Dengan peserta 30 orang dari Kwarcab yang berasal dari utusan tiap Kwarran sebanyak 2 orang pembina dan 37 peserta berasal dari Kwarran Garung sehingga total ada 67 peserta.

Penyelenggara kegiatan ini adalah Kwarcab Wonosobo Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (BINAWASA), dengan Kwarran Garung sebagai panitia pelaksana, serta Pusdiklatcab Kwarcab Wonosobo dengan tim pelatih Kwarcab Wonosobo sebagai pelaksana kepelatihan.

“untuk materi KMD ini disajikan dengan pendekatan andragogi, berfokus pada pembelajaran diri interaktif progresif dengan melibatkan peserta secara langsung dalam proses pembelajaran. Dimana kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman praktis membina pramuka,” pungkas kak Sri Sugiarti.