Wonosobo (1/12). Bertempat di Aula Balai Latihan Kerja Wonosobo, Kwarcab Wonosobo menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pramuka Peduli (Pramuli) bagi Kwartir Ranting (Kwarran) se Kwartir Cabang Wonosobo pada tanggal 1 s.d 4 Desember 2021.

Kak Dra. Sri Widyastuti, MM  selaku Waka Humas Abdimas mewakili Ketua Kwartir Cabang Wonosobo membuka kegiatan ini (1/12), hadir dalam pembukaan jajaran Andalan Cabang Kwarcab Wonosobo serta pengurus Pramuka peduli Kwarcab Wonosobo.

Dalam sambutannya kak Dra. Sri Widyastuti, MM menjelaskan kepada para peserta bahwa kegiatan pelatihan pramuka peduli bagi kwartir ranting ini merupakan kegiatan fasiltasi dari Kwarda Jawa Tengah  yang bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada pengurus Kwarran dalam membentuk Pramuli di Kwarrannya masing-masing.

Wonosobo merupakan wilayah yang mempunyai potensi rawan bencana sehingga peran serta pramuka peduli sangat dibutuhkan di masyarakat, selain itu menjadi ajang peran serta pramuka di masyarakat, Saya berpesan kepada kakak – kakak semua yang berasal dari utusan Kwaran maupun satuan komunitas untuk segera merekrut anggota pramuka peduli di masing – masing kwaran sehingga nantinya dibutuhkan masyarkat dikwaran sudah siap, dan terakhir setelah forum pelatihan selesai untuk mengemban amanah  menjadi pionir dalam pembentukan pengurus Pramulii Kwarran yang tangguh serta tanggap dalam menghadapi segala macam bencana serta melaksanakan Duta Perubahan Perilaku serta melaporkan ke kwarcab wonosobo “ Pungkas kak Wid

Sementara itu Kak Suprihadi yang merupakan pimpinan kursus menyatakan bahwa pemateri dalam kegaitan ini adalah para pelatih kwarcab wonosobo yang telah mengikuti TOT pramuka peduli kwarda Jawa tengah dan pelatih Kwarda jawa tengah.

“ Pelatihan pramuka peduli tahun ini memang berbeda karena dilaksanakan pada masa pandemi yang belum usai ini, hal ini menjadi penting karena di harapkan pramuka menjadi agen perubahan dengant tetap menerapkan protocol kesehehatan,  selain itu materi dalam kegiatan ini meliputi materi yang berkaiatan dengan kebencanaan, dan manajemen posko “. pungkas kak Suprihadi

Pramuka peduli merupakan salah satu garda terdepan pramuka ditingkat gugus depan, kwaran maupun kwarcab serta pelaksana teknis lapangan terkait berbagai hal yang terjadi di masyarakat terkait kebencanaan dan kegaitan sosial lainya, sehingga setiap kwaran diperlukan didirikan pramuka peduli yang akan selalu berkordinasi dengan berbagai stekholder di setiap kecamatan serta berkordinasi dengan Pramuka peduli ditingkat kwarcab Wonosobo.