Pangkalan 03/04 SD Negeri 2 Wonosobo lolos menjadi 6 besar Penilaian Gugus Depan (GUDEP) Mantap Tingkat Kwartir Daerah Gerakan PRAMUKA Jawa Tengah Tahun 2022, selanjutnya dilakukan visitasi oleh Tim (6 Juli 2022).

GUDEP Mantap merupakan program unggulan Tingkat Kwartir Daerah Gerakan PRAMUKA Jawa Tengah 2018-2023, dimana ada 8 komponen yang dinilai antara lain; administrasi dan manajemen, sumber daya manusia, keuangan dan sarpras, kegiatan-kegiatan, pencapaan SKU dan SKK Garuda, Prestasi, Kemitraan dan Humas serta penilaian kesesuaian di GUDEP Mantap.

Dalam sambutannya Ketua Kwarcab Wonosobo, Drs. Muhammad Albar, MM memberikan apresiasi positif dengan dilaksanakannya Penilaian GUDEP Mantap di Pangkalan 03/04, SD Negeri 2 Wonosobo.

“Saya memberikan apresiasi positif dengan dilaksanakannya Penilaian GUDEP Mantap di Pangkalan 03/04, SD Negeri 2 Wonosobo, bukan hanya sebatas untuk menilai pengelolaan Giat KePramukaan dan Administrasi di GUDEP, akan tetapi lebih dari itu, kita perlu melihat peran penting PRAMUKA saat ini, sebagai salah satu organisasi yang menyelenggarakan Pendidikan Kepanduan serta memiliki peran strategis dalam Pendidikan karakter generasi muda menjadi generasi yang siap menghadapi era yang penuh dengan tantangan, generasi yang memiliki kepribadian, yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa”, kata Ketua Kwarcab Wonosobo.

Lebih lanjut Ketua Kwarcab Wonosobo, Drs. Muhammad Albar, MM berharap, lolosnya Pangkalan 03/04, SD Negeri 2 Wonosobo menjadi 6 besar Penilaian GUDEP Mantap Tingkat Kwartir Daerah Gerakan PRAMUKA Jawa Tengah Tahun 2022 dapat menjadi spirit dalam membangun Wonosobo.

“Selain sebagai upaya dalam pembentukan karakter generasi muda, saya berharap lolosnya Pangkalan 03/04, SD Negeri 2 Wonosobo menjadi 6 besar Penilaian GUDEP Mantap Tingkat Kwartir Daerah Gerakan PRAMUKA Jawa Tengah Tahun 2022 dapat menjadi spirit serta meneguhkan peran dari PRAMUKA dan seluruh komponen masyarakat untuk bisa Bersama-sama mengangkat derajat dan wibawa khususnya Kabupaten Wonosobo yang kitai cintai ini”, pungkas Ketua Kwarcab Wonosobo.

Pada kesempatan yang sama, Kakak Yesika dari Tim Penilaian GUDEP Mantap Kwartir Daerah Gerakan PRAMUKA Jawa Tengah Tahun 2022, menyampaikan bahwa Penilaian GUDEP Mantap pada dasarnya untuk memotret 8 komponen yang dinilai, sekaligus sebagai bahan evaluasi bagi pengembangan GUDEP di tahun depan menjadi lebih baik.

“Penilaian GUDEP Mantap pada dasarnya untuk memotret 8 komponen yang dinilai, sekaligus sebagai bahan evaluasi bagi pengembangan GUDEP di tahun depan menjadi lebih baik, apalagi GUDEP menjadi garda terdepan serta Kawah Chandradimuka bagi PRAMUKA Siaga dan Penggalang, untuk itu melalui penilaian ini diharapkan mampu menerapkan pendidikan kecakapan sesuai dengan postur perkembangan PRAMUKA Siaga sampai dengan Penggalang dalam rangka memantapkan pendidikan karekter untuk generasi muda”, ungkap Kakak Yesika.

Penulis & Foto : Humas Pemkab Wonosobo.