Bertempat di RM Wonoboga, Bidang Humas Abdimas menggelar workshop Jurnalistik, Sabtu (22/07) 2023. Kegiatan workshop tersebut diikuti oleh perwakilan Kwarran, Saka, Sako dan DKR.

Kak Fajar menyampaikan materi jurnalistik. Foto : Andina Puspa/Humas Kwarcab Wonosobo

Mengusung tema ‘Setiap Pramuka Adalah Pewarta’, Waka Humas Abdimas Kwarcab Wonosobo, Kak Sri Widyastuti berharap Kwarran, DKR, Saka, dan Sako aktif mengabarkan dan memberitakan setiap kegiatan Pramuka yang ada diwilayahnya. Kak Sri mengatakan, Humas Kwarcab Wonosobo memiliki keterbatasan, sehingga membutuhkan bantuan dari Kwarran, Saka, Sako dan DKR. “Kami memiliki keterbatasan tenaga dan telinga, sehingga diharapkan kakak – kakak sekalian bisa membantu dalam mengabarkan dan menginformasikan kegiatan Pramuka di wilayah masing – masing,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, ada dua materi yang disampaikan. Materi pertama disampaikan oleh Andalan Humas Kwarcab Wonosobo yang juga Humas Pemkab Wonosobo, Kak Fajar Susanto. Kak Fajar, dihadapan para peserta bercerita tentang pentingnya rilis berita dalam kegiatan kepramukaan. Kak Fajar juga menceritakan pengalaman selama menjadi wartawan plat merah di Wonosobo. Materi kedua disampaikan oleh Sekretaris dua Kwarcab Wonosobo, Kak Eko Premono. Kak Eko menyampaikan materi terkait teknik dasar fotografi, etika serta bagaimana cara mengambil foto yang baik.

Kak Eko menyampaikan materi fotografi. Foto : Andina Puspa/Humas Kwarcab Wonosobo

Setelah menjalani pelatihan, seluruh peserta diminta melakukan publikasi kegiatan yang kemudian diunggah di sosial media masing – masing.

Foto : Andina Puspa/Humas Kwarcab Wonosobo
Foto : Andina Puspa/Humas Kwarcab Wonosobo