Kwartir ranting (Kwarran) Kecamatan Wonosobo berhasil menjadi Juara umum pada gelaran Pesta Siaga Tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Wonosobo Tahun 2024, yang dilaksanakan pada Selasa (14/05), bertempat di halaman Pendopo Bupati Wonosobo.
Keberhasilan Kwarran Kecamatan Wonosobo menjadi Juara Umum didapat setelah perwakilannya, yaitu barung Hijau Putri SD Negeri 1 Wonosobo menjadi tergiat I, barung Biru Putri SD Negeri 5 Wonosobo menjadi tergiat II dan barung Merah Putra SD Negeri 1 Wonosobo menjadi tergiat I, barung Merah Putra SD Negeri 5 Wonosobo menjadi tergiat II.

Penyerahan hadiah oleh Muhammad Albar. Foto : Fajar/pramukawsb/Humas Pemkab

Pesta Siaga Tingkat Kwarcab Wonosobo yang dilaksanakan selama 1 hari ini ditutuip oleh Bunda siaga Chusniatul Albar.
Saat menutup pesta siaga kak Chusniatul Albar menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta, setelah melalui hari yang panjang namun menyenangkan, sebagaimana tema kegiatan ini “GESIT” (Gembira, Semangat, Inovasi, Terampil).
“saya harap Nanda-Nanda sekalian mendapatkan pengalaman berharga dan banyak tambahan wawasan, yang akan berguna di masa selanjutnya. Selain itu, saya harap penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Dwi Dharma Siaga dapat terus dilakukan pada kehidupan sehari-hari seterusnya,” ungkap kak Chusniatul.

Penyerahan hadiah oleh Chusniatul Albar. Foto : Fajar/pramukawsb/Humas Pemkab


Chusniatul Albar juga menyampaikan bahwa menang dan kalah hanyalah bumbu perjuangan, namun kejujuran dan sportivitas adalah makna inti dari perlombaan yang telah Nanda sekalian jalani. Tidak ada perjuangan yang sia-sia, karena dalam setiap perjuangan terkandung hikmah dan pembelajaran yang luar biasa.
“Jadilah generasi unggul penerus bangsa, dengan mental baja dan karakter berbudi pekerti yang telah ditempa melalui Gerakan Pramuka. Amalkan pembelajaran serta pengalaman yang telah kalian peroleh pada Pesta Siaga ini, kembangkan kreativitas dengan membuat karya-karya baru yang positif dan inovatif, juga kembangkan kemampuan sosial yang baik, dengan memupuk semangat persahabatan dan persaudaraan serta saling tolong-menolong,” pungkas Kak Chusniatul Albar.
Pada kesempatan itu, ketua penyelenggara Pesta Siaga Tingkat Kwarcab Wonosobo tahun 2024, Nurul Hidayati menyampaikan pemenang ataupun barung tergiat pada gelaran Pesta Siaga ini. sebagai barung tergiat Putri, Tergiat I barung Hijau SD Negeri 1 Wonosobo, tergiat II barung Biru Sd Negeri 5 Wonosobo, Tergiat III barung Merah SD Negeri Wilayu Selomerto.
Untuk tergiat Putra, Tergiat I barung merah SD Negeri 1 Wonosobo, tergiat II barung merah SD Negeri 5 Wonosobo, tergiat III SD MI Ma MK An Nur Garung.
“selain mendapat Trophy dan Piagam Penghargaan, untuk tergiat I dan II Putra dan Putri berhak mewakili Wonosobo pada Kegiatan Pesta Siaga Tingkat Regional Kwarda Jawa Tengah yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2024 bertempat di Kabupaten Klaten,” pungkas Nurul.
Turut Menyerahkan trophy dan piagam, Ka Kwarcab Wonosobo, Kak Muhammad Albar, dan jajaran Mabicab Gerakan Pramuka Wonosobo.

Foto bersama dengan Ka Kwarcab Wonosobo, Foto : Fajar/pramukawsb/Humas Pemkab